Header
Language :
Menu Navigasi
Jumlah Pengunjung
Visitor:00096881
Hits:00188967
SEJARAH

Sejarah SMK Negeri 1 Trucuk

SMK Negeri 1 Trucuk, salah satu institusi pendidikan di Kabupaten Klaten dengan alamat lengkap di Jl. DPU Ngaran Mlese Km. 04, Sabranglor, Trucuk. Lembaga ini pada awalnya tidak di Trucuk, tetapi mempunyai sejarah. Didirikan pada tahun 1964 di Desa Banaran, Delanggu oleh siswa Pertanian UGM Delanggu dan sekitarnya dengan STM Pertanian Delanggu. Selama era ini, sektor pertanian merupakan pokok utama mendasari bidang ekonomi, ide untuk membangun sebuah institusi pendidikan di bidang pertanian sangat penting. Karena berbagai pembangunan dan perbaikan mengalami STM Pertanian Delanggu.

Seiring dengan perhatian pemerintah dalam bidang pendidikan, pada tahun 1965 STM Pertanian Delanggu mendapatkan surat keputusan (SK) Pendirian dan diotorisasi untuk menjadi SMT Pertanian Delanggu. Awalnya, hanya satu jenis program pendidikan, yaitu pertanian. Dan pada tahun 1988 ada sedikit perubahan, yaitu 2-cara yang BTPH Budidaya dan Peternakan.
Setiap perubahan dan perkembangan mungkin telah dirasakan. Dengan perubahan peraturan di bidang pendidikan, maka pada tahun 1990 namanya diubah lagi menjadi STM Pertanian Delanggu dengan 2 cara-program yang keahian Agronomi dan Peternakan.

Karena faktor tanah wilayah dan ketersediaan fasilitas infrastruktur dalam pengembangan pendidikan, pada tahun 1993 bagian dari pembelajaran untuk beralih ke Trucuk Klaten. Dengan bergerak, nama instansinya juga akan berubah di STM Delanggu di Trucuk. Dan pada tahun 1999 berubah lagi menjadi SMK Negeri 1 Trucuk.
Sektor pendidikan menjadi yang paling penting dalam pengembangan pembangunan negeri ini, dan semakin meningkatnya kebutuhan dan untuk meningkatkan teknologi dan perkembangan zaman. Pada tahun 2000 program menambahkan 1 keahlian yang lebih Teknik Mesin Otomotif, tapi di sini tidak menyimpang dari arah yang awal pertanian. Otomotif Teknik Mesin pada saat ini ke Mekanika Otomotif mesin pertanian.

Pada tahun 2004 program keahlian, yaitu dengan menambahkan 1 Kimia Industri program fakultas. Dan karena itu, sampai 4 saat ini terdapat program yang keahlian Budidaya Tanaman [Pertanian], Budidaya Peternakan, Teknik Mekanik Otomotif dan Kimia Industri.
Pemerintah juga tidak mengabaikan dunia pendidikan, perlahan mencoba untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pada tahun 2005, lembaga ini mempunyai kesempatan nominasi sebagai SSN (Sekolah Standar Nasional). Langkah demi langkah dan kemudian berkembang di tahun 2007 memiliki peringkat sebagai Swadaya SMK SBI (sekolah internasional). Selain itu, pada 2008 memiliki badan sertifikasi penerapan manajemen mutu ISO 9001:2000.

Kalender
Online
We have 15 guest and 0 member online.

Link Relasi